Baja Ringan Terbaik di Jakarta Harga Terjangkau

Tertarik menggunakan baja ringan sebagai kerangka perumahan? Silakan ikuti tips di bawah ini sebelum membeli. 

Berikut cara mengecek kualitas baja ringan sebelum membeli.



baja ringan (cold formed steel) diakui karena kualitasnya sebagai struktur bangunan. Keunggulan baja ringan sebagai kerangka rumah termasuk kemudahan pemasangan, hemat biaya, tahan lama, tidak berpori, mudah dibentuk, dan dapat didaur ulang. Pasti ada harganya. baja ringan cukup mahal, sehingga perlu dipertimbangkan dan dihitung secara hati-hati sebelum memutuskan untuk membeli. Harganya murah, tentu saja Anda tidak ingin terkecoh pada saat pembelian. 

Tips berikut dapat membantu Anda mendapatkan baja ringan yang seimbang dalam kualitas dan harga jual.

Bagaimana cara memeriksa kualitas baja ringan

Bagaimana Anda memeriksa kualitas baja ringan? baja ringan kualitas terbaik yang digunakan untuk membangun rangka atap dapat menahan nilai tegangan tarik 550 Mpa. 

Di bawah nilai ini, ada kekhawatiran bahwa baja ringan tidak cukup mendukung beban atap. Standar yang berlaku di setiap negara biasanya akan bervariasi. 

Untuk baja ringan terbaik, Anda harus membeli baja ringan G550 (550 adalah nilai tegangan tarik). Anda juga dapat menggunakan peringkat SAE sebagai patokan. Grade SAE 980x adalah baja ringan kualitas tertinggi. 

Angka-angka dalam dua standar ini bersama-sama mewakili nilai tegangan tarik yang diterapkan selama proses produksi. Semakin kecil angkanya, semakin kecil nilai tegangan tarik. Ini berarti mengurangi ketahanan baja dalam hal mendukung beban.

Gunakan lapisan anti-korosi

Berikut cara memeriksa kualitas baja ringan di lapisan. Setiap baja ringan memiliki lapisan pelindung, sehingga baja tidak mudah ditembus karena cuaca dan lingkungan sekitarnya. Lapisan yang umum digunakan adalah lapisan seng (galvanis) dan seng aluminium (seng galvanis).

baja ringan dengan lapisan seng lebih murah, tahan terhadap campuran semen tetapi tidak tahan air garam. baja ringan dengan lapisan seng aluminized lebih mahal karena lebih tipis, lebih ringan, dan lebih tahan terhadap bahan korosif seperti air asin. 

Anehnya, lapisan alumini ini tidak bisa berdiri dengan campuran semen. Oleh karena itu, baja ringan yang mengandung lapisan seng cocok untuk rangka atap bangunan menggunakan semen. baja ringan dengan lapisan seng aluminized cocok untuk bangunan yang dibangun di daerah pantai.

Ketebalan lapisan anti-korosi

Ketebalan lapisan harus dipertimbangkan ketika memilih baja ringan, karena ketebalan ini akan mempengaruhi kekuatan baja di bawah beban. Lapisan Galvalume tidak boleh kurang dari 150 g / m2, dan lapisan galvanis tidak boleh kurang dari 180 g / m2. 

Jika Anda sangat membutuhkan membeli baja ringan dengan lapisan pencegahan karat di bawah nilai ini, jangan heran jika baja ringan yang Anda beli tidak berfungsi seperti yang diharapkan.

Analisis baja berdasarkan perangkat lunak baja ringan khusus

Perbedaan antara baja ringan dan baja biasa atau baja konvensional adalah komposisi dan perilaku strukturalnya. Oleh karena itu, perangkat lunak untuk menganalisis struktur dalam struktur baja harus merupakan perangkat lunak untuk baja ringan khusus. 

Perangkat lunak baja tradisional tidak cocok untuk konstruksi baja ringan. Oleh karena itu, ketika Anda membeli baja ringan, pastikan bahwa produk tersebut dibangun pada perangkat lunak baja ringan khusus yang sesuai dengan standar ISO.

Sistem pendukung (sistem rib yang diperkuat)

Baja ringan biasanya lebih tipis dari baja konvensional. Ini membuatnya lebih mudah untuk menyesuaikan baja ringan ke dalam berbagai bentuk. Sayangnya, ukuran yang tipis ini memiliki efek besar pada kekakuan baja. 

Meskipun kekuatan baja ringan cukup untuk mendukung beban, risiko membungkuk atau runtuh menjadi lebih besar karena kekakuan baja kecil. Itulah mengapa ketika Anda membeli baja ringan, Anda juga perlu bersiap untuk membeli sejumlah bemper atau batang pendukung yang memadai dan membeli sejumlah kecil baja ringan. 

Ada beberapa jenis dukungan penjualan. Anda harus berkonsultasi dengan arsitek, pembangun atau penjual bahan untuk mendukung jenis apa dan berapa banyak yang perlu Anda beli.

Sekrup baja

Karena komposisi dan sifat struktur yang berbeda, sekrup yang digunakan untuk bergabung dengan baja ringan ke baja ringan juga berbeda dari baja berat konvensional. 

Sekrup baja juga dikenal sebagai SDS (sekrup pengeboran diri). SDS baja ringan harus kasar atau kasar. Oleh karena itu, lembaran baja ringan dapat ditempatkan di antara alur sekrup. 

Koneksi baja ringan ini menjadi lebih stabil saat mendukung beban berat. Gunakan obeng dengan kontrol torsi. Oleh karena itu, rotasi fit sekrup, tidak terlalu ketat, yang dapat menyebabkan keausan yang cepat dari baja atau terlalu longgar, yang dapat menyebabkan baja ringan koneksi longgar.

Pilih metode prefabrikasi

Metode prefabrikasi adalah metode pemasangan baja ringan yang dipotong sebelumnya menjadi potongan-potongan di pabrik. Jadi di lokasi proyek, tukang batu hanya perlu memasang baja ringan di area yang ditentukan.

Metode prefabrikasi akan menghemat waktu pemasangan baja karena pengrajin tidak perlu menghitung dan mengukur sebelum pemasangan. Dengan memotong baja di pabrik, hasil pemotongan lebih bersih dan lebih akurat karena proses pemotongan pabrik menggunakan sistem komputerisasi.

Garansi

Pastikan Anda membeli baja ringan dengan garansi. Tidak hanya perlu mempertimbangkan penggunaan dan pemasangan jaminan, tetapi juga untuk memastikan bahwa produksi baja ringan sudah terlalu tinggi dengan uji tegangan tarik, lapisan anti karat baja ringan memenuhi nilai standar, baja ringan menggunakan perangkat lunak untuk menghasilkan struktur baja ringan untuk analisis khusus.

Demikian artikel yang membahas tentang baja ringan yang bisa menjadi masukan untuk anda yang ingin memulai memasang atap baja ringan.
LihatTutupKomentar