Cara Memilih Atap Baja Ringan


Anda berkeinginan untuk mengganti atap rumah anda yang masih genteng dengan atap baja?

Pertanyaanya yang seperti apa atap baja tersebut ?

Tips di bawah ini mungkin bisa membantu anda sebelum menentukan memilih atap baja yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Cek Kembali Bahwa Baja Ringan Tersebut Berkualitas atau Setidaknya Bersertifikat SNI

Seperti yang sudah anda ketahui, salah satu fungsi baja ringan yang paling banyak digunakan adalah sebagai rangka atap bangunan atau rumah pada umumnya.

Dan karena itu, tips memilih baja ringan yang kita rekomendasikan kepada anda adalah untuk memilih produk baja ringan yang tersedia di pasaran dengan sangat berkualitas atau memiliki sertifikat SNI, walaupun memang harganya lebih mahal dibandingkan baja ringan yang tidak ber-SNI tapi itu baik untuk jangka panjang dan justru akan menghemat lebih lagi.

Menggunakan baja untuk membangun rumah atau sekolah dengan atap yang terbuat dari bahan murah tanpa sertifikasi SNI akan menyebabkan kerusakan pada bangunan atau menyebabkan atap bangunan jatuh. 

Untuk alasan yang sama, contoh saja sebuah sekolah di Lampung dibangun pada tahun 2020, di mana sekolah mendapat perkiraan yang salah untuk melakukan pekerjaan, meskipun seharusnya dilakukan dengan bahan berkualitas rendah. Hasilnya menyebabkan masalah bagi siswa sekolah ini. anda tidak menginginkan hal-hal seperti itu terjadi pada merekakan ?

Pengujian Teku (Strong Bending)

Jadi ini adalah tips kedua yang direkomendasikan ketika memilih produk berkualitas untuk sekian kalinya anda membutuhkan beberapa sampel berkualitas baik. 

Untuk tujuan ini, anda perlu mengambil beberapa sampel berkualitas dan bisa menjadi patokan anda untuk memeriksa kualitas bahan mereka.

Metode ini membungkus atap baja ringan satu per satu menggunakan dua tangan. Kemudian, anda dapat menentukan bahan mana yang lebih sulit untuk melengkung atau yang lebih mudah untuk melengkung. 

Anda bisa pastikan dengan kuat saat melakukan penekukan agar dapat mengukur seberapa sulit atap baja ini ditekuk 

Pastikan tidak mudah ditekuk tentunya


Pilih Baja Ringan Yang Mengandung Pelindung Karat yang Mengandung Aluminium Zinc

Ketika mencari kualitas yang baik dari atap baja, gunakan lapisan yang terbuat dari campuran aluminium zinc, zat yang disebut galvanium. 

Lembaran-lembaran pengelasan berat lebih tahan terhadap korosi ketika ditutupi dengan lapisan seng, dibandingkan dengan lembaran pengelasan sederhana. Sebuah permukaan dengan lapisan tahan karat yang mengandung Zinc Algium sangat tahan lama. Salah satu lapisan ini disebut Zinc Coating (ZCO), yang lebih tebal dari lapisan lainnya.

Menggunakan Lapisan Anti Karat

Di negara-negara tertentu seperti Indonesia, adalah praktik umum untuk menggunakan anti-caratterizer yang memiliki campuran aluminium, nikel, atau elemen penting lainnya. Ini dapat menahan banyak korosi bahkan ketika terkena air garam, terutama ketika berasal dari molding semen.

Perlindungan karat yang disediakan oleh lapisan AZ dapat melindungi baja dari karat. Ia tidak dapat menahan panas yang parah dari air; Namun, bentuk benih dapat merusak lapisan AZ.

Zink sangat berguna untuk melindungi ubin dalam struktur rumah atau bangunan yang memiliki struktur inti keras. Ini dapat dengan mudah diterapkan pada permukaan melengkung rumah atau bangunan yang memiliki struktur inti keras.

Desain Struktur Atap Baja

Karena, ketika datang untuk membuat bingkai atap baja, orang sering tidak tahu bagaimana menghitung bagaimana membuat struktur yang tepat.

Pilih merek dengan perjalanan yang selalu menyediakan produk berkualitas dengan kinerja yang dapat diandalkan sebagai mereka yang menggunakan alat analisis khusus. 

Kekuatan atap baja yang terbuat dari styrene ringan atau ringan lebih penting daripada dapat menghitung kekuatan hanya dengan menghitung kekuatan dengan program analisis struktural standar.

Sistem Pengaku/Bracing

Anda disarankan untuk menggunakan diameter kecil untuk kudakuda yang tidak lebih dari 0,8 m (di Indonesia: 0,8 m, Malaysia: 1 m).

Kerangka atap baja ringan relatif kuat; Namun, kekuatan, yang sekitar 30%, tidak terlalu baik.

Ini berarti bahwa lapisan atas bingkai baja ringan harus diamankan dengan baik dengan bantuan bar akumulator / bracement. Bahkan jika ada lebih sedikit brace, itu bisa menyebabkan kecelakaan besar.

Proses Perakitan

Di Indonesia, pada umumnya kuda-kuda rangka atap dirakit di lokasi, meskipun memang ada juga yang dirakit di pabrik.

Konstruksi bangunan adalah tugas yang kompleks yang membutuhkan tingkat pengawasan yang tinggi, karena desain masing-masing objek, bahan yang digunakan dalam setiap bagian, seberapa lancar penghubung dipasang, semuanya tergantung pada seberapa handal para pekerja bangunan.

Kuda-kuda yang dibangun di pabrik dapat menghasilkan hasil yang baik, meskipun fakta bahwa proses transportasi ke tujuan mereka lebih lama.

Jika atap terbuat dari baja, lebih baik memilih bingkai yang terbuat dari baja ringan. Jika satu kuda-kuda jatuh dari struktur, itu seperti satu kuda cacat.

Mohon maaf jika masih banyak kekurangan dalam penulisan konten ini, dan semoga tips kali ini bisa membantu anda atau menginspirasi anda.

LihatTutupKomentar